Cara Optimasi Trafik Menggunakan Google Analytic
14.8.09
8
comments
Adsense Content. recommended 336 X 300
Sudah tahu Google Analytic kan? saya harap sudah, kalau belum lebih baik segera buka di http://google.com/analytics. Secara gampangnya, Google Analytic dipakai untuk menganalisa trafik yang data di web kita. Data yang disajikan terbilang sangat lengkap dan dari data-data ini bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan trafik blog/web kita. Mau tahu?1. Cari halaman yang mendatangkan trafik terbanyak, lalu optimasi halaman tersebut
Untuk melihat data ini masuk ke Content -> Top Content. Di bagian ini akan tersedia data halaman mana di web kita yang paling banyak dilihat oleh pengunjung. Kalau anda meletakkan script iklan di halaman tersebut, pastikan script sudah benar dan penempatannya optimal. Kalau anda meletakkan link affiliate, maka pastikan link-nya sudah update dan berfungsi sebagaimana seharusnya. Yang lebih penting lagi pastikan keyword-nya sudah optimal sesuai dengan keyword yang masuk.
2. Cari referer yang memberikan trafik terbanyak
Data bisa dilihat di Traffic Source. Misalnya web anda mendapat banyak trafik dari Twitter, maka perbanyak aktivitas anda di Twitter. Jika banyak yang dari Iklan Baris, maka perbanyak aktifitas “spam” di iklan baris :mrgreen: . Sehingga jangan sampai anda membuang waktu mendatangkan trafik tanpa hasil yang maksimal.
3. Cari keyword yang paling banyak mendatangkan trafik, dan lihat kemungkinannya agar menjadi lebih tinggi
Data bisa dilihat di Traffic Source -> Keywords. Jika anda mempunya website mengenai Bunga, dan ternyata web anda memiliki ranking #30 atau #40 di Google untuk beberapa macam keyword, tapi ada keyword dengan ranking #11 dengan keyword “Pot Bunga Hitam”. Maka fokuskan usaha anda agar posisi web anda lebih tinggi untuk keyword Pot Bunga Hitam, tentu harus mempertimbangkan berapa banyak yang mencari keyword dan kompetitor yang kita miliki. Menurut beberapa ahli SEO, kalau kompetitor kita di bawah 500 ribu maka kita memiliki kemungkinan besar untuk memenangkan persaingan untuk keyword tersebut.
4. Cari halaman yang menarik perhatian visitor lebih lama
Dilihat di Content -> Top Content sub tab Average Time on Page. Jika rata-rata visitor di halaman A selama 5 detik, sedangkan di halaman B selama 150 detik. Berarti konten di halaman B lebih menarik. Beri perhatian untuk tata bahasa dan ketepatan informasi di halaman tersebut.
5. Lihat Grafik Bounce Rate
Bouce Rate merupakan data visitor yang mengunjungi website kita tanpa membuka halaman kedua. Untuk sebuah website atau blog akan sangat bagus jika visitor membuka lebih banyak halaman di web anda sebelum mereka meninggalkan web anda dan mencari informasi di web lainnya. Jika Bounce Rate bertambah setelah anda melakukan perubahan di blog anda seperti merubah themes, menambah sidebar dan sebagainya, maka anda bisa mempertimbangkan untuk mengembalikan ke setting sebelumnya. Data statistik ini bisa anda gunakan untuk berbagai analisa, sesuai dengan kebutuhan blog/web anda.
Ada banyak analisa yang bisa dihasilkan dari data Google Analytic ini. 5 poin diatas hanya analisa dasar saja agar bisa memaksimalkan posisi kita di Google yang pada akhirnya akan menambah trafik di blog kita.
Selamat mencoba
8 comments:
Ijin nyimak bos.
main2 ke Visit Plus44 Cyber Flash
SILAKAN SOB
wajib aku coba bang...
thanks ya....
benar2 mantap dewh
aQ BOOKMARK Macam text nie
Udah tau banget sob..
dan udah di masukkan ke blogku..
hihihi
BAGUS DEH MOEL :D
thanks infonya gan....langsung meluncur, belum png cek je
sip
Posting Komentar